Belajar PHP Dasar : Pengenalan dan Kegunaan PHP

Halo, selamat datang pada tutorial PHP dasar part 1 : Pengenalan dan Kegunaan Php di siapngoding.my.id.

Bagi sobat yang ingin belajar php dasar ini lebih baik pelajari terlebih dahulu tutorial HTML dan CSS. Untuk tutorial tentang HTML dan CSS bisa sobat lihat di menu paling atas.

Karena akan lebih baik jika belajar bahasa pemrograman dilakukan secara bertahap jadi supaya bener bener paham gak setengah-setengah.

Pada tutorial part 1 ini sobat akan banyak dijelaskan mengenai pengenalan-pengenalan bahasa pemrograman php seperti bagaimana penulisan syntax PHP, setrukturnya, dan bagaimana cara menjalankan file PHP.
Berikut pengenalan pada bahasa Pemrograman PHP

Pengenalan PHP

PHP merupakan kepanjangan dari Hypertext Preprocessor dan merupakan bahasa pemrograman yang didesain khusus bagi web development atau pengembang web.

PHP sendiri memiliki sifat Server-Side karena PHP dieksekusi atau dijalankan pada sisi Server.

Yang dimaksud dijalankan pada sisi server yaitu bahasa pemrograman PHP dijalankan atau dieksekusi pada komputer server bukan komputer client. PHP dijalankan menggunakan web browser sama seperti halnya HTML.

Sekarang ini banyak situs-situs besar yang dikembangkan dengan PHP seperti Wordpress, Joomla, Facebook, Twitter, dan situs besar lainnya.

Pengenalan Dan Kegunaan PHP

PHP mulai dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Ledorf. Dan situs resmi dari php dapat sobat akses di www.php.net

Jika sobat sudah belajar HTML dan CSS di Siapngoding.my.id pasti sobat sudah bisa menyimpulkan bahwa HTML adalah sebuah pondasi dari website. CSS berguna untuk memdesain tampilan website (UI), dan PHP sendiri berfungsi sebagai Material sebuah website.

Fungsi atau Kegunaan PHP

Seperti yang sudah kami bilang di atas, jika HTML diibaratkan sebagai pondasi sebuah website, maka PHP sendiri ibarat tiang-tiang, lantai, atau atap sebuah website. Kita belum membicarakan warna dan layout. Jika sebuah rumah sudah dibangun. Lantai, dinding, atap.sudah dibangun. Maka kita harus menambahkan warna, jendela, pintu, dan lainnya supaya tampak sedap dipandang mata, di situlah kita menggunakan CSS.

Nah jika kita mengibaratkan sebuah bangunan rumah, lalu fungsi PHP itu apa?
Jika HTML ibarat pondasi, CSS ibarat pintu, jendela, dll, maka PHP digunakan untuk membuat siapa saja yang dapat masuk ke rumah tersebut, siapa yang dapat menyimpan atau memasukan barang ke rumah, siapa saja yang boleh bermain di rumah tersebut. Jadi PHP berfungsi untuk memberikan aksi pada website.

Penulisan Syntax PHP

Untuk penulisan syntax, PHP ditandai dengan penulisan tag pembuka <?php dan tag penutup ?>

Syntax PHP juga dapat disisipkan dengan bagian-bagian HTML. Kemudian bagian akhir dari syntax harus ditutup dengan simbol semicolon atau titik koma (;).

Berikut penulisan Syntax Php yang benar.
<?php
echo "Belajar Pemrograman PHP di siapngoding.my.id";
?>.
Dapat sobat lihat pada contoh di atas. Syntax Php harus diawali dengan tag pembuka yang ditandai dengan &alt;?php dan ditutup dengan tag penutup ?>. Dan yang perlu diperhatikan lagi adalah, diakhir syntax PHP harus diakhiri dengan tanda semicolon atau titik koma (;).

Syntax echo pada PHP berfungsi sebagai output atau penampil data. Pada contoh di atas maka data yang akan ditampilkan adalah Belajar Pemrograman PHP Di siapngoding.my.id

Cara Menjalankan PHP Pada Localhost

Selanjutnya adalah bagaiman cara menjalankan PHP pada Localhost? Kami akan jelaskan kepada sobat apa itu Localhost dan bagaimana cara membuat syntax Php di Localhost pada tutorial selanjutnya di siapngoding.my.id.

Oke sampai di sini dulu untuk part 1 nya. Dilanjutkan untuk part 2 nya. Jadi di tunggu saja.
Terimakasih. Semoga bermanfaat. Incoming Search Terms:
  • Pengenalan php
  • belajar syntax php
  • belajar php siapngoding
  • menghitung jumlah item daru terbanyak sampai yg sedikit php
  • kegunaan kleopatra