Belajar PHP Part 2 : Instalasi Web Server Di Windows

Instalasi Web Server Di Windows

Pada artikel baaian kedua di tutorial belajar PHP dasar edisi ber-part ini akan dijelaskan tentang instalasi web server atau XAMPP untuk membuat localhost. karna PHP harus dijalankan pada sisi server atau dari komputer server, maka sobat perlu menginstal web server di PC atau laptop sobat.

Untuk menjadikan komputer atau laptop sbat menjadi web server yang mampu menjalankan syntax PHP. Jadi pada artikel belajar PHP part 2 ini akan dijelasan tentang cara instalasi web server di PC atau laptop. Kebetulan contooh pada tutorial pada tutorial kali ini menggunakan windows 7.

Pengertian Web Server

Sebelum masuk ke pembhasan tutorial cara meninstal web server akan dijelaskan terlebih dahulu tentangweb server .

Web Server adalah layanan yang memiliki fungsi untuk reveived (menerima) request atau permintaan dari HTTP/HTTPS dari client melalui web browser dan mengirimkan laagi reques kepada klien berupa halaman website yang umumnya berbentuk file HTML atau PHP.

Instalasi Web Server Di Windows

Ada beberapa contoh jenis web server yang paling populer dan paling banyak digunakan yaitu Apache dan Microsoft Windows Server milik dari perusahaan Microsoft.

Pengertian Localhost

Localhost merupakan server local atau web server yang bekerja atau berjalan pada PC atau laptop sobat.

Alamat IP dari local host adalah 127.0.0.1 yang kemudian dterjemahkan menjadi localhost.

Jadi localhost terletak pada PC atau laptop sobat semua. Sobat membutuhkan localhost untuk menjalankan file PHP sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa PHP hanya berjalan pada sisi server oleh karena itu PHP sering disebut Pemrograman Server Side atau berada pada sisi server.

Localhost dijdikan server sementara pada saat pengembangan aplikasi yang berbasis website sebelum dihostingkan atau di online kan.

LOcalhost hanya dapat diakses dari laptp atau PC sobat sendiri dengan cara mengakses langsung pada web browser dengan alamat IP dari localhost yaitu http://127.0.0.1 atau bisa juga dengan mengakses http://localcost/

Maka halaman akan dialihkan ke tempat anda membuat project aplikasi yang berbasis website.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah software(perangkat lunak) untuk menginstall atau memasang localhost pada pc atau laptop. aplikasi XAMPP sendiri bersifat gratis atau free. sehingga banyak para pengembang web(Web Developer) menggunakan XAMPP untuk menginstall localhost dan mysql karena selain gratis, xampp juga sangat powerfull dalam menegement data dan cara penginstalannya.

Dengan menginstall XAMPP maka database MySQL dan phpmyadmin juga akan ikut terinstal. karena anda akan membutuhkan MySQL untuk penyimpanan database website anda. dan dapat mengelola database dengan mudah dan instan melalui PhpMyAdmin.

Cara Instalasi Web Server di Windows

Untuk cara penginstalan web server di windows ini sebagai contohnya akan menggunakan aplikasi XAMPP. sebenarnya tidak hanya XAMPP yang memiliki fungsi untuk menginstall localhost, ada juga WAMPP dan LAMPP untuk linux. tetapi pada contoh cara instalasi web server di windows ini kita akan menggunakan XAMPP.

Cara Instalasi XAMPP di Windows:

  • Untuk tahap awal cara penginstalan XAMPP anda harus men-download terlebih dahulu. untuk men-download XAMPP anda dapat men-downloadnya langsung dari website resminya. https://www.apachefriends.org/download.html
  • Kemudian double klik pada master XAMPP yang sudah di download.
  • Kemudian anda hanya tinggal mengikuti intruksi penginstalan XAMPP nya langsung seperti cara menginstall aplikasi windows lainnya.

Nah, jika anda sudah melakukan penginstalan XAMPP sesuai prosedur maka langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah XAMPP sudah berjalan dengan baik ? cara nya buka shortcut XAMPP.

seperti pada gambar di atas. Klik pada tombol start pada Apache untuk mengaktifkan localhost dan MySQL untuk mengaktifkan database MySQL. kemudian ketikkan http://localhost atau bisa juga http://127.0.0.1 pada web browser yang anda gunakan. maka akan muncul intruksi penggunaan XAMPP sebagai berikut:

maka instalasi xampp pun berhasil dan berjalan tanpa masalah. sekian lah Belajar PHP Part 2 : Instalasi Web Server Di Windows. Terimakasih.

Incoming search terms:

  • cara membuat web server di windows 7
  • cara instalasi windows 10 server
  • instalasi web server
  • belajar web server
  • jelaskan tentang instalasi paket aplikasi web server
  • SYNTAX UNTUK INSTAL WEB SERVER
  • pengertian instalasi web server(apache2)
  • cara install web server di windows
  • beljar server Windows
  • cara instal web
Belajar PHP Part 2 : Instalasi Web Server Di Windows
Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi kepada semua orang yang membutuhkannya.

You May Like These

Ikuti blog Siap Ngoding untuk mendapatkan notifikasi terbaru!