๐Ÿ””Download the application [siapTv.apk ] for ease and comfort in watching matches Install APK

Jangan Tinggalkan Ayat Kursi Setelah Solat




MasIwan.my.id - Pesan pada diri dan anak-anak agar tidak meninggalkan bacaan Ayat Kursi setelah selesai menunaikan solat.

Perkara ini adalah sunnah yang dianjurkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW sendiri. Sabda Rasulullah SAW:

ู…َู†ْ ู‚َุฑَุฃَ ุขูŠَุฉَ ุงู„ْูƒُุฑْุณِูŠِّ ุฏُุจُุฑَ ูƒُู„ِّ ุตَู„ุงุฉٍ ู…َูƒْุชُูˆุจَุฉٍ ู„َู…ْ ูŠَู…ْู†َุนْู‡ُ ู…ِู†ْ ุฏُุฎُูˆู„ِ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ، ุฅِู„ุง ุงู„ْู…َูˆْุชُ
Barangsiapa yang membaca ayat Kursi setiap kali selesai dari solat, maka tidak ada perkara yang akan menghalanginya untuk masuk ke surga melainkan kematian. (Yaitu hanya kematian saja yang menghalanginya, setelah mati, dia akan mudah ke surga) (HR al-Nasa’i dan Al-Tabrani, dinilai Sahih oleh Al-Albani)

Hadist ini jelas menunjukkan bagaimana Rasulullah SAW mendidik para sahabat agar tidak meninggalkan bacaan Ayat Kursi setiap kali selesai dari solat. Malah Ayat Kursi turut diiktiraf oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu ayat yang agung. Perkara ini pernah ditanya kepada Saidina Ubai bin Ka’b. Sabda Rasulullah:

ูŠَุง ุฃَุจَุง ุงู„ْู…ُู†ْุฐِุฑِ، ุฃَุชَุฏْุฑِูŠ ุฃَูŠُّ ุขูŠَุฉٍ ู…ِู†ْ ูƒِุชَุงุจِ ุงู„ู„َّู‡ِ ู…َุนَูƒَ ุฃَุนْุธَู…ُ»؟  ู‚َุงู„َ: ู‚ُู„ْุชُ: }ุงู„ู„َّู‡ُ ู„َุง ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„َّุง ู‡ُูˆَ ุงู„ْุญَูŠُّ ุงู„ْู‚َูŠُّูˆู…ُ{ . ู‚َุงู„َ: ูَุถَุฑَุจَ ูِูŠ ุตَุฏْุฑِูŠ ูˆَู‚َุงู„َ :«ูˆَุงู„ู„َّู‡ِ ู„ِูŠَู‡ْู†ِูƒَ ุงู„ْุนِู„ْู…ُ ุฃَุจَุง ุงู„ْู…ُู†ْุฐِุฑِ

“Wahai Abu al-Munzir (gelaran bagi Ubai), apakah ayat yang paling agung di dalam al-Quran? Ubai lalu membaca permulaan ayat Kursi. Rasulullah lalu memegang dada Ubai dan memujinya: “Bergembiralah (tahniah buatmu) dengan ilmu (yang ada padamu) wahai Abu al-Munzir. (HR Muslim)

Apa yang membuat Ayat Kursi dianggap sebagai ayat yang paling agung di dalam al-Quran?
Perkara ini dijelaskan oleh Sheikh Dr. Yusuf al-Qardawi yang mengatakan:

ุฅู† ุขูŠุฉ ุงู„ูƒุฑุณูŠ ุชู…ูŠุฒุช ุจูƒูˆู†ู‡ุง ุฎุงุตุฉ ุจุงู„ุซู†ุงุก ุนู„ู‰ ุงู„ุฐุงุช ุงู„ุนู„ูŠุง ู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ูˆุชู†ุฒูŠู‡ู‡ ูˆูˆุตูู‡ ุจูƒู„ ูƒู…ุงู„ ูŠู„ูŠู‚

“Sesungguhnya ayat Kursi itu mempunyai kelebihan dari aspek struktur ayatnnya yang memuji dan mengagungkan zat Allah yang Maha Tinggi, menyucikanNya serta menyifatkanNya dengan sifat yang layak bagi zat Allah.”

Al-Qardawi turut menjelaskan bahawa Ayat Kursi ini boleh dibagikan kepada sepuluh bagian. Kesemua sepuluh bagian ini mengandungi elemen yang mengagungkan Zat Allah. Kata beliau:

ุฅู† ุขูŠุฉ ุงู„ูƒุฑุณูŠ ุจู‡ุง ุนุดุฑ ุฌู…ู„ ูƒู„ู‡ุง ุซู†ุงุก ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„، ูˆุงู„ุฌู…ู„ุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ «ุงู„ู„ู‡ ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ู‡ูˆ» ูˆู‡ูŠ ุชุซุจุช ุงู„ุชูˆุญูŠุฏ، ู„ุง ุดุฑูŠูƒ ู„ู„ู‡

Sesungguhnya ayat Kursi ini memiliki sepuluh bagian ayat, kesemua bagian ini memuji Allah. Pernyataan pertama dari ayat ini diawali dengan nama Allah yang mana ia mengesahkan keesaan Allah dan tiada sekutu bagi Allah.”

Atas kehebatan dan keagungan ayat yang mengesakan Allah ini, maka tidak heran jika setan tidak berani mendekati mereka yang membaca Ayat Kursi sebelum tidur seperti yang diceritakankan oleh Saidina Abu Hurairah dalam riwayat al-Bukhari.

Malah rumah yang dibaca ayat Kursi akan ditakuti oleh setan seperti dalam hadist:

ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู‚ุฑุฃู‡ุง ุฃุญุฏ ุฅุฐุง ุฏุฎู„ ุจูŠุชู‡ ุฅู„ุง ุฎุฑุฌ ุงู„ุดูŠุทุงู†

Sesungguhnya, seorang yang membaca Ayat Kursi setiap kali masuk ke rumahnya, maka setan akan keluar dari rumah tersebut.” (Tafsir Ibn Kathir)

Maka berikanlah pesan buat diri, anak-anak dan keluarga kita agar tidak lekang dari membaca Ayat Kursi. Lazimi diri membacanya setiap kali selesai dari solat, sebelum tidur, setiap kali masuk rumah atau di waktu pagi dan petang.

Basahi lidah kita dengan ayat agung ini. Mudah-mudahan Allah memelihara hambanya yang sentiasa mengagungkan Tuhannya.

Referensi dari Dr. Ahmad Sanusi Azmi


You May Like These Article
What else do you want to write an article about? Write in the comments column.

Post a Comment

Leave Comments on Topic. Always Use Polite Language
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.